4 Cara Investasi Uang yang Tepat, Dijamin Aman!

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan jumlah atau nilai uang yang dimiliki, caranya yaitu dengan menempatkan dana pada satu atau dua jenis aset sesuai dengan periode tertentu. Secara sederhana investasi bisa menjadi salah satu media yang bisa membantu kamu untuk mewujudkan rencana finansial yang lebih baik di masa depan.

Namun kamu juga perlu berhati-hati dalam melakukan investasi, pastinya akan ada resiko yang bisa saja menyebabkan kerugian bagi investor. Maka dari itu penting bagi untuk mengetahui cara investasi uang yang tepat agar kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Cara Investasi Uang yang Tepat

Berikut adalah beberapa cara untuk menginvestasikan uang dengan tepat yang bisa kamu terapkan.

Pilihlah produk investasi yang sesuai

Di Indonesia sudah tersedia banyak sekali instrumen investasi yang bisa dicoba, hanya saja tidak semuanya sesuai dengan pertimbangan faktor resiko dan karakteristik yang diinginkan.

Jika kamu ingin menghindari faktor kerugian yang cukup besar, kamu bisa coba untuk berinvestasi emas atau memiliki deposito, karena cukup aman dan stabil. Namun jika sebaliknya, kamu cenderung lebih agresif dan berani rugi, kamu bisa mencoba berinvestasi dalam bentuk saham. Tidak hanya resiko kerugiannya yang tinggi, namun pendapatannya juga bisa cukup fantastis.

Pastikan platform investasi yang dipilih sudah aman dan terpercaya

Cara menginvestasikan uang yang tepat selanjutnya adalah kamu harus memastikan instrumen investasi yang digunakan sudah memiliki izin atau terjamin keamanannya. Investasi bisa diibaratkan sebagai bibit, kamu harus menanamnya di tanah yang subur agar bisa tumbuh dengan baik dan bisa dipanen tepat waktu dalam jumlah yang banyak.

Pilihlah platform investasi yang sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebagaimana diketahui, bahwa OJK memiliki peran penting dalam mengawasi kegiatan sektor keuangan salah satunya di bidang investasi, agar semuanya bisa terselenggara dengan aman, transparan, dan akuntabel.

Selain itu, kamu juga harus melihat review dari platform investasi yang akan kamu pilih, apakah memiliki track record yang baik dan bisa melayani nasabahnya dengan maksimal atau tidak. Hal ini sangat penting agar proses investasimu bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ide Usaha Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Memiliki pemahaman terkait kondisi ekonomi

Secara umum suku bunga bank dan harga saham bisa naik turun atau tidak stabil tergantung pada kondisi ekonomi suatu negara, penyebabnya bisa saja karena isu sosial, politik, bencana alam, dan lain sebagainya.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memahami kondisi ekonomi saat akan melakukan investasi, agar kamu bisa memilih instrumen investasi yang sekiranya bisa cukup stabil walaupun dihadapkan dengan kondisi ekonomi yang kurang baik.

Lakukan investasi secara rutin dan disiplin

Ketika kamu sudah memutuskan untuk berinvestasi, pastikan kamu memiliki konsistensi yang cukup baik. Kamu jangan hanya memikirkan keuntungannya saja, saat mengalami kerugian sedikit kamu langsung berhenti berinvestasi.

Cobalah untuk menyisihkan sejumlah uang dari pendapatanmu secara rutin, nominalnya tidak perlu berlebihan, sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Jangan sampai kebutuhan sehari-hari menjadi tidak tercukupi karena melakukan investasi dalam jumlah banyak, yang harapannya ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Kamu bisa coba sisihkan uang 5% sampai 10%  dari pendapatanmu dan aturlah jadwal pembayarannya setiap bulan. Dengan terus berinvestasi secara disiplin, kamu bisa terus mempersiapkan masa depanmu dengan baik terutama dalam segi finansial.

Itulah empat cara investasi uang yang tepat. Sulit atau mudahnya berinvestasi sangat bergantung pada dirimu sendiri, jadi jangan ragu untuk mencoba dan teruslah konsisten ya!

Sumber foto/gambar thumbnail artikel dengan judul "4 Cara Investasi Uang yang Tepat, Dijamin Aman!" di ambil dari situs www.freepik.com