Kelebihan Strategi Dollar Cost Averaging Untuk Investasi!

Di masa yang modern ini sudah pasti kamu tidak asing lagi dengan investasi bukan? Sudah cukup banyak platform investasi online yang tersebar dan digunakan oleh banyak investor, baik kalangan muda maupun dewasa. Dalam melakukan investasi jelas diperlukan perhitungan yang matang. Kamu bisa menggunakan strategi dollar cost averaging dalam berinvestasi.

Dengan strategi tersebut, kamu bisa melakukan investasi dengan lebih aman dan penuh perhitungan. Strategi yang sering disebut DCA ini mampu memberikan potensi keuntungan lebih besar dan meminimalisir resiko kerugian dalam berinvestasi.

Apa Itu Strategi Dollar Cost Averaging?

Dollar cost averaging atau DCA adalah strategi investasi yang dilakukan dengan rutin dan konsisten setiap periode tertentu yang telah ditentukan. Saat strategi DCA diterapkan, maka investor harus rutin memasukkan uang dengan jumlah yang sama setiap periode tanpa mempertimbangkan kondisi ekonomi dan pasar yang terjadi saat itu.

Untuk melakukan strategi DCA, kamu tidaklah perlu kemampuan membaca situasi naik dan turunnya pasar investasi. Maka dari itu strategi ini sangat cocok untuk para investor pemula. Baik instrumen investasi dalam harga yang rendah atau melambung tinggi, kamu tidak akan mudah melakukan jual beli ketika menggunakan strategi DCA.

Inilah Cara Kerja Strategi DCA

Untuk menerapkan strategi DCA, kamu haruslah memilih instrumen investasi terlebih dulu. Bisa berupa saham, kripto, emas atau reksadana dan yang lainnya. Jika sudah, kamu bisa menentukan modal investasi. Saat memasukkan modal, tidak bisa kamu lakukan sekaligus. Kamu harus memasukkan bertahap dengan jumlah yang sama dalam periode tertentu.

Kamu tidak boleh memikirkan kondisi pasar dan ekonomi yang terjadi. Baik itu dalam keadaan bullish atau bearish, kamu harus tetap jalan. Jika sudah selesai berinvestasi dengan jumlah modal yang ditentukan, kamu bisa menarik investasi yang dimiliki dari pasar.

Kelebihan Menggunakan Strategi DCA Untuk Berinvestasi

Sebelumnya kami menyebutkan bahwa strategi DCA ini cukuplah aman untuk berinvestasi. Kamu bisa menyimak beberapa kelebihan yang dimiliki oleh strategi DCA berikut ini, yang mana akan sangat membantu dan menguntungkan kamu.

Terhindar dari Momen Pasar yang Buruk

Berbeda dengan strategi investasi yang lain, DCA dapat membantu kamu untuk terhindar dari momen pasar yang buruk. Ketika momen pasar sedang buruk, kerugian besar bisa saja kamu alami.

Strategi DCA sangatlah aman untuk investor yang kurang bisa memahami cara membaca pergerakan pasar. Sehingga investor tidak akan buru-buru melakukan tindakan dan dapat terhindar dari kerugian.

Terhindar dari Loss Aversion Bias

Loss aversion bias merupakan kecenderungan investor menghindari kerugian daripada mendapat keuntungan dalam jumlah yang sama. Dengan menggunakan strategi DCA, kamu akan terhindar dari kebiasaan tersebut. Kebiasaan tersebut tidaklah baik dalam melakukan investasi.

Kamu akan terhalangi untuk mengambil keputusan yang rasional. Selain itu, loss aversion bias juga dapat menjadi pemicu investor ragu-ragu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Meminimalisir Resiko

Resiko kerugian sudah pasti sangat dekat dengan para investor. Dengan melakukan strategi DCA, resiko kerugian ini bisa lebih diminimalisir. Kamu akan tetap berinvestasi tanpa rasa takut rugi dengan menggunakan strategi DCA bagaimanapun kondisi pasar dan ekonomi yang tengah terjadi.

Baca juga: Cara Memulai Investasi Dollar

Nah, itulah ulasan singkat mengenai strategi dollar cost averaging yang banyak digunakan oleh investor dalam berinvestasi. Kamu bisa memahaminya dengan lebih mendalam dan memutuskan untuk menggunakannya saat berinvestasi.

Disamping itu, jika kamu perlu informasi menarik lain, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan, bisa langsung mengunjungi laman website kami radarkerja.com.

Sumber foto/gambar thumbnail artikel dengan judul "Kelebihan Strategi Dollar Cost Averaging Untuk Investasi!" di ambil dari situs www.freepik.com