7 Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja, Persiapkan Mulai Sekarang!

Radarkerja.com – Dunia kerja nyatanya sangat keras. Berikut ini 7 kiat sukses memasuki dunia kerja yang harus dipersiapkan mulai sekarang!

Dunia kerja menuntut kita untuk profesional. Bagi pembaca yang masih fresh graduate yang ingin mengembangkan diri agar lebih siap memasuki dunia kerja, sangat disarankan untuk baca artikel ini. Sebab, kami akan membahas 7 kiat sukses memasuki dunia kerja yang harus dipersiapkan mulai sekarang.

Yuk, baca artikel kami hingga akhir!

7 Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja

Ketika seseorang tambah dewasa, siap atau tidak siap dirinya akan memasuki dunia kerja. Di dunia kerja, seseorang dinilai berdasarkan kinerja dan kredibilitasnya. Penting untuk selalu mengutamakan pekerjaan di atas hal pribadi ketika ingin dinilai profesional oleh kolega maupun atasan.

Bagi para fresh graduates, mungkin akan terasa susah untuk beradaptasi dengan kerasnya dunia kerja. Terlebih ketika di sekolah atau kampus sudah terbiasa diberi perhatian lebih oleh lingkungan sekitar, dan bisa bertindak semaunya. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut uraianya.

  1. Persiapkan dokumen dengan baik

Ketika akan memasuki dunia kerja, yang perlu Anda persiapkan yaitu dokumen-dokumen pendaftaran. Pastikan untuk memenuhi semua permintaan yang harus disertakan pada berkas pendaftaran pelamar kerja yang diminta oleh perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar ketika mendaftar kerja tidak tereliminasi pada tahap pemberkasan.

Tahap pemberkasan adalah suatu tahapan paling awal yang harus dilalui oleh pencari kerja untuk mendaftar di suatu perusahaan. Apabila di tahap ini pendaftar melalaikan permintaan perusahaan dan tidak melengkapi dokumen, pendaftar akan dianggap tidak serius ingin mendaftar di tempat tersebut.

Dokumen harus dipersiapkan dengan sangat baik karena bisa menjadi indikator pengukur kesiapan seseorang dalam bekerja. Selain itu, dokumen juga harus dilengkapi agar tim personalia yang bertugas untuk menyeleksi pendaftar bisa mengetahui apakah pendaftar termasuk dalam kriteria yang dibutuhkan atau tidak.

  1. Lakukan proses seleksi dengan maksimal

Setelah pendaftar kerja lolos di tahap pemberkasan. Tahap yang harus dilalui pendaftar ketika lolos pemberkasan yaitu seleksi. Ada banyak tahapan seleksi yang harus dilalui oleh seseorang sebelum dinyatakan resmi berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Proses seleksi harus dilakukan dengan sebaik mungkin, terlebih jika yang membutuhkan tatap muka secara langsung seperti seleksi wawancara. Anda harus fokus melakukan proses seleksi tersebut. Jika perlu, lakukan riset terkait perusahaan yang ditargetkan agar nantinya tidak sulit bagi Anda untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Cari lowongan dari sumber valid

Apabila seseorang ingin memasuki dunia kerja, pastikan untuk mencari lowongan pekerjaan dari sumber yang terpercaya. Sumber yang valid pasti akan memberikan keterangan mendetail terkait lowongan kerja yang tersedia, dan tidak akan menampilkan lowongan kerja yang kurang valid infonya.

Para fresh graduates yang terburu-buru ingin bekerja membutuhkan lowongan pekerjaan yang benar-benar valid agar tidak salah jalur. Sekarang ini banyak sekali website yang menyediakan info loker yang kredibel dan bisa dimanfaatkan pencari kerja untuk mencari loker terupdate dan paling fresh di masa tersebut.

  1. Kenali lingkungan kerja

Apabila sudah diterima di perusahaan impian, para pencari kerja tidak boleh lengah karena merasa sangat gembira. Perasaan tersebut wajar adanya, namun seseorang harus segera melakukan adaptasi terhadap lingkungan kerja yang akan menjadi tempatnya bekerja beberapa waktu ke depan.

Lingkungan kerja harus dikenali sedini mungkin agar pekerjaan tidak tertunda hanya karena ketidaktahuan mengenai pekerja baru. Pastikan untuk belajar hal-hal baru di tempat kerja Anda dengan sesegera mungkin. Apabila ada hal yang tidak diketahui, jangan sungkan untuk bertanya.

  1. Pasang sifat mudah beradaptasi

Berikutnya, jangan lupa untuk pasang sifat mudah beradaptasi. Sifat tersebut harus dimiliki apabila Anda ingin mudah berkarir di dunia kerja. Mudah beradaptasi mungkin mudah terdengar, namun sejatinya cukup sulit untuk dipraktekkan.

Mudah beradaptasi mencakup hal-hal teknis maupun non-teknis, dan pastinya akan memudahkan kehidupan Anda di dunia pekerjaan. Atasan tentunya sangat menyukai karyawan yang mudah beradaptasi, karena bisa melancarkan proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

  1. Selalu mengasah kemampuan diri

Kiat sukses untuk memasuki dunia kerja lainnya yaitu selalu mengasah kemampuan diri. Perusahaan menerima Anda sebagai salah satu karyawan karena Anda memiliki value yang mereka akui. Value tersebut dinilai lebih tinggi dari para pelamar pekerjaan yang lain, sehingga membuat Anda diterima di perusahaan tersebut.

Namun, setelah diterima bekerja di suatu perusahaan Anda tidak boleh berhenti di titik tersebut. Ada baiknya jika Anda selalu mengasah kemampuan diri sembari bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga ketika perusahaan tersebut membuka lowongan untuk posisi yang lebih tinggi, Anda bisa dipromosikan atau bahkan bisa melamar di perusahaan lain apabila sudah tidak cocok dengan lingkungan kerja yang lama.

  1. Selalu perluas jaringan di dunia kerja

Ketika memasuki dunia kerja, sangat penting untuk memperluas jaringan Anda di ranah tersebut. Sebab, jaringan sosial itulah yang akan membantu Anda untuk menghadapi beratnya persaingan di dunia kerja. Jaringan sosial juga bisa membantu Anda untuk mencari pekerjaan baru apabila sudah ingin pindah dari perusahaan yang lama.

Memperluas jaringan di dunia kerja sebenarnya susah-susah gampang. Sebab, jaringan sosial tersebut tidak akan Anda dapatkan apabila diri Anda sendiri sulit untuk membuka diri. Selain itu, pastikan untuk selalu bersikap positif terhadap kolega kerja agar nantinya bisa mendapatkan kemudahan saat melaksanakan kewajiban di perusahaan. Dengan sendirinya, relasi Anda akan meluas nantinya.

Praktekkan Kiat Sukses Memasuki Dunia Kerja Tersebut!

Itulah berbagai kiat sukses memasuki dunia kerja agar nantinya jenjang karir Anda bisa stabil dan tidak stagnan. Anda perlu mempraktikkan satu persatu poin yang kami sebutkan di atas, agar nantinya ketika kinerjamu di sebuah perusahaan tidak menurun dan bisa terus diapresiasi oleh atasan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan mempraktekkan 7 kiat sukses memasuki dunia kerja tersebut. Yaitu :

  • Relasi semakin meluas
  • Hubungan Anda dengan atasan semakin membaik
  • Anda bisa dipromosikan untuk posisi yang lebih tinggi
  • Kolega Anda akan menilai Anda baik
  • Anda bisa mengalami peningkatan skill walaupun sedang bekerja di bidang yang sama

Dan masih banyak lagi.

Penting sekali untuk mempraktekkan ke-7 kiat sukses memasuki dunia kerja yang telah kami beritahukan di atas. Dengan begitu, kelangsungan karir Anda di suatu perusahaan bisa terjaga. Dan Anda sendiri bisa semakin semangat ketika melakukan kewajiban yang diperintahkan oleh atasan sesuai dengan job desc yang tertera di kontrak kerja.

Apabila Anda ingin sukses ketika berada di dunia kerja, kesampingkan perasaan pribadi dan utamakan profesionalitas. Hubungan antar manusia di perusahaan juga harus menjadi main concern Anda. Jadi, mari praktekkan ke-7 kiat sukses memasuki dunia kerja yang telah kami beritahukan di atas. Semoga sukses untuk pendaftaran di perusahaan yang Anda targetkan! Jangan lupa untuk selalu riset dan mempelajarinya terlebih dahulu perusahaan-perusahan mana saja yang Anda targetkan. Serta jangan lupa siapkan skill dan mental untuk meraih keinginannya.