5+ Ide Usaha Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Banjir Cuan!

Ide Usaha Mendapatkan Penghasilan Tambahan – Seiring dengan peningkatan kebutuhan hidup, tidak sedikit orang yang akhirnya mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Artinya, penghasilan tersebut bukan berasal dari sumber pendapatan utama atau gaji.

Trik ini terbilang lebih menguntungkan, daripada harus menekan pengeluaran secara besar-besaran. Selagi tidak melakukan pemborosan dan besar pasak, menikmati hidup sah-sah saja, bukan?

Ide Usaha Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Sayang, tidak semua orang tahu tentang bagaimana cara mencari penghasilan tambahan, padahal kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Di bawah ini adalah beberapa side job untuk memperoleh penghasilan sampingan:

1. Menjadi Reseller atau Dropshiper

Selain tidak membutuhkan modal besar, kedua peluang ini juga tidak akan menyita waktumu. Kamu bisa melakukan pemasaran melalui berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, maupun marketplace.

Kelebihannya, kamu tidak perlu menyetok, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pembeli. Sebab, sudah ada tim sendiri atau pihak seller yang akan melaksanakan tugas tersebut dan kamu tinggal menerima keuntungannya saja.

2. Jualan Pulsa

Saat ini, berjualan pulsa tidak harus membuka kios di rumah maupun pinggir jalan, tetapi secara online. Tambahkan produk jualan, seperti kuota internet, jasa transfer dan pembayaran listrik, air, BPJS, maupun internet bulanan (PPOB).

Satu kali laku, maka besar kemungkinan kamu akan memperoleh pemasukan sekaligus langganan. Pasalnya, setiap orang kini pasti membutuhkan produk-produk tersebut, karena berupa pengeluaran bulanan.

3. Freelance

Secara sederhana, freelancer adalah pekerja lepas, tidak memiliki ikatan kontrak resmi pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, kamu boleh mengambil beberapa pekerjaan sekaligus, asalkan komitmen untuk menyelesaikannya.

Peluang ini menjanjikan keuntungan besar, apalagi jika sudah mempunyai keahlian khusus, seperti jasa desain, pembuatan website, content writer, dan lain-lain. Selain cuan, kamu juga bisa memperluas relasi dengan para profesional.

4. Membangun Blog atau Website

Apabila kamu memiliki hobi menulis, tidak ada salahnya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membangun sebuah blog. Agar lebih mudah, pilih niche blog yang sesuai dengan minat, seperti travelling, kecantikan, kuliner, dan lain-lain.

Tulislah konten-konten menarik dan berbobot, sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku (SEO friendly), agar traffic blog meningkat. Dengan begitu, kamu pun bisa membuka jasa iklan atau Ads untuk menambah pundi-pundi cuan.

5. Menjual Foto dan Video

Punya hobi fotografi atau videografi? Ternyata hobi tersebut bisa menjadi peluang menggiurkan, yakni dengan menjual foto dan video di berbagai platform. Komisinya tak main-main, yaitu sekitar 20 hingga 45% per foto atau video.

Menariknya, hitungan ini bukan berdasarkan jumlah foto atau video yang kamu unggah, melainkan jumlah pengunjung yang mengunduhnya atau download. Jadi tidak heran, jika satu foto bisa saja menghasilkan banyak uang.

6. Broker Properti atau Kendaraan

Broker ialah pihak yang bertindak sebagai perantara antara pihak penjual satu dengan lainnya atau kepada pembeli. Setiap terjadi penjualan, kamu akan mendapatkan komisi yang lumayan besar.

Maklum, nilai yang kamu jual juga bukan produk murah, melainkan kebutuhan pokok. Kuncinya ada pada ketelatenan, kemampuan untuk membangun komunikasi yang efektif, dan memiliki koneksi luas.

The Next Level Memperoleh Penghasilan Tambahan Adalah Investasi

Cara terakhir untuk mengundang passive income adalah dengan berinvestasi. Saat ini ada banyak sekali pilihan instrumen investasi, seperti deposito, tanah, emas, properti, saham, hingga trading forex.

Setiap instrumen memiliki cara main dan ketentuan masing-masing, sehingga pastikan kamu mempelajarinya terlebih dahulu. Jangan sekali-kali terjun ke dunia investasi, jika kamu tidak mempunyai bekal pengetahuan apapun.

Selain itu, gunakan uang dingin untuk berinvestasi, yakni uang tersebut bukanlah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seandainya pun tidak ada atau mengalami kerugian, kamu tetap bisa melanjutkan hidup dengan baik.

Asal ada kemauan, pasti selalu ada peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk mencari ide dan informasi tentang pekerjaan atau bisnis, kamu bisa mampir ke laman website kami.

Sumber foto/gambar thumbnail artikel dengan judul "5+ Ide Usaha Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Banjir Cuan!" di ambil dari situs www.freepik.com