7 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

Selain belajar dan kuliah, pekerjaan sampingan untuk mahasiswa merupakan pilihan aktivitas produktif yang menguntungkan. Selain dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan, pekerjaan sampingan ini juga dapat menjadi sumber pengalaman baru.

Seorang mahasiswa memang dituntut untuk dapat melatih diri menjadi pribadi mandiri, termasuk dari segi finansial. Oleh karena itu, bekerja paruh waktu melalui pekerjaan sampingan dapat menjadi alternatif untuk memperoleh pendapatan.

Bahkan, pekerjaan paruh waktu tersebut bisa menjadi pilihan profesi tetap setelah resmi lulus melepas status sebagai mahasiswa nantinya. Oleh karena itu, penting untuk menekuninya dengan serius agar bisa berdampak positif.

Selain menjadi sarana memperoleh penghasilan serta pengalaman, bekerja sampingan juga bisa menjadi wadah bagi kamu menambah kawan atau relasi. Namun sebaiknya, pilihlah pekerjaan yang tidak akan mengganggu fokus saat kuliah.

7 Pilihan Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

Tidak seperti pelajar biasa, mahasiswa memiliki waktu belajar lebih fleksibel sehingga waktu luangnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Berikut ini adalah 7 pilihan pekerjaan sampingan untuk para mahasiswa di waktu luang.

1. Bisnis Online

Pilihan pekerjaan sampingan paling praktis adalah dengan membuka usaha atau bisnis online. Selain mudah, berbisnis online juga lebih fleksibel sebab bisa dilakukan kapan dan di mana saja selama terhubung dengan internet.

Ada beberapa opsi untuk memulai bisnis secara online. Jika memiliki modal atau sumber daya cukup, kamu bisa menjalankan usaha sendiri dari awal dengan cara menyiapkan sekaligus memasarkan sendiri produk jualan.

Namun jika tidak, kamu bisa mencoba menjadi seorang reseller atau dropshipper agar tidak perlu keluar modal lebih. Adapun keuntungannya bisa diperoleh melalui selisih harga beli dari supplier dengan harga jual.

2. Penulis Freelance

Pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi penulis freelance atau penulis lepas. Karena bersifat freelance, kamu tidak perlu khawatir sebab pekerjaan, waktu, maupun lokasi kerjanya tentu lebih fleksibel.

Kamu bisa menetapkan sendiri sebanyak apa proyek tulisan yang akan dikerjakan agar tidak menyita waktu atau fokus belajarmu. Selain itu, kamu bisa bekerja secara remote asalkan memiliki perangkat serta internet.

Ada beberapa opsi penulis freelance untuk dipilih. Yaitu menjadi penulis independen yang menerima proyek sendiri secara langsung, atau bergabung bersama agensi penulis yang menerima jasa penulisan artikel dari berbagai klien.

3. Tutor/Pengajar Les

Jika kamu adalah seorang mahasiswa di bidang pendidikan atau memiliki kemampuan lebih pada bidang akademik, cobalah menjadi pengajar les. Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa ini bisa dicoba untuk mengasah keterampilan mengajar.

Penghasilannya juga cukup bervariasi, tergantung pada bidang atau materi yang diajarkan. Kamu bisa membuka penawaran les secara individu atau bergabung bersama penyedia layanan bimbingan belajar untuk memperoleh lebih banyak murid.

Selain bisa menjadi sumber penghasilan, bekerja sebagai tutor atau pengajar les juga bisa menjadi sarana memperdalam pengetahuan. Peluangnya juga menjanjikan, sebab semakin banyak anak sekolah yang belajar mandiri dari rumah.

4. Content Creator

Alternatif pekerjaan sampingan untuk mahasiswa lainnya yang menjanjikan adalah menjadi content creator. Bidang ini cocok bagi kamu yang memiliki kreativitas tinggi serta senang berbagi melalui tulisan, audio, gambar, maupun video.

Misalnya, jika senang menulis, cobalah membuat blog untuk mempublikasikan tulisan-tulisanmu. Atau, kamu bisa membuat podcast, memposting foto di Instagram, atau membuat konten video di Youtube, Instagram, TikTok, atau platform lainnya.

Jika konsisten membuat dan memposting konten, menjadi content creator dapat menjadi sarana menyalurkan hobi sekaligus memperoleh penghasilan. Penghasilan tersebut bisa diperoleh melalui tayangan iklan maupun kerja sama dengan brand (endorse).

5. Agen Asuransi

Pilihan pekerjaan sampingan selanjutnya adalah menjadi agen asuransi. Jika kamu merupakan tipe mahasiswa aktif yang memiliki jaringan relasi luas, menjadi agen asuransi bisa menjadi sumber penghasilan menjanjikan dengan pendapatan besar.

Komisi yang dapat diperoleh bahkan dapat berkisar antara 5-30% dari pendapatan premi per tahunnya. Bahkan, beberapa perusahaan juga memberikan hadiah atau reward bagi agen asuransi tertentu dengan tingkat penjualan tertinggi.

Reward tersebut bisa bermacam-macam jenisnya, seperti uang tunai, liburan gratis, hingga gadget keluaran terbaru. Selain itu, menjadi seorang agen asuransi juga bisa menjadi saran untukmu melatih kemampuan pemasaran serta bersosialisasi.

6. Desain Freelance

Opsi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa berikutnya adalah dengan menjadi desainer freelance. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan desain, misalnya untuk mahasiswa dari jurusan seni, DKV, atau teknologi informasi.

Contoh skill yang bisa ditawarkan untuk bidang ini antara lain menggambar, membuat ilustrasi, desain vector art, kartun, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasang tinggi-rendahnya komisi sesuai dengan skill yang dimiliki.

Jika tertarik, cobalah mendaftarkan diri ke platform freelancer luar negeri. Kelebihannya, kamu bisa memperoleh klien dari luar negeri yang membayar dengan mata uang dollar, sehingga penghasilannya tentu menjadi lebih tinggi.

7. Bisnis Produk Digital

Pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang terakhir adalah dengan membuka bisnis produk digital. Produk digital tersebut dapat berupa pulsa, token listrik, jasa top up saldo dompet digital, dan banyak lagi.

Usaha ini sangat cocok untuk digeluti jika kamu memiliki banyak teman, relasi, atau kenalan. Untuk memulainya, bisa dengan mendaftarkan sebagai agen PPOB atau Payment Point Online Bank di penyedia terpercaya.

Baca juga: Ide Usaha Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Selain berjualan, opsi lain untuk dicoba adalah membuka jasa convert produk digital. Seperti jasa convert pulsa menjadi e-money atau jasa convert antar e-money, contohnya dari Gopay ke OVO atau sebaliknya.

Bekerja sampingan sembari menjalankan kuliah memang tidak mudah, sebab kamu harus pandai membagi fokus serta waktu. Oleh karena itu, pilihlah pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang mudah dan fleksibel sesuai keahlian.

Sumber foto/gambar thumbnail artikel dengan judul "7 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa yang Menjanjikan" di ambil dari situs www.freepik.com