10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

Selain yang sesuai dengan minat atau passion, pilihan profesi dengan gaji tertinggi juga merupakan pekerjaan impian hampir semua orang. Semakin tinggi ekspektasi gaji suatu profesi, semakin banyak juga jumlah peminatnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya gaji pada suatu profesi, mulai dari bidang pekerjaan hingga jenjang pendidikan. Hal eksternal seperti peraturan upah minimum dari pemerintah juga menjadi salah satu penentu.

10 Pilihan Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

Sejumlah bidang pekerjaan di Indonesia dikenal memiliki bayaran berjumlah fantastis hingga ratusan juta per bulannya. Berikut ini adalah 10 profesi dengan gaji yang tertinggi di Indonesia berdasarkan laporan dari berbagai sumber.

1. Posisi C-Suite (Corporate Suite)

Posisi eksekutif seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), dan Chief Operating Officer (COO) merupakan pemegang gaji tertinggi. Bahkan, gajinya bisa mencapai Rp150-Rp250 juta per bulan.

Bidang yang digeluti juga beragam, mulai dari properti, konstruksi, konsumen, ritel, bisnis, layangan keuangan, industri, hingga manufaktur. Namun, besaran bayarannya dipengaruhi oleh pengalaman, ukuran perusahaan, hingga sektor usaha.

2. Ahli Teknik dan Konstruksi

Sampai saat ini, bidang teknik dan konstruksi seperti teknik sipil hingga arsitektur masih banyak diincar. Dengan tingginya tingkat pembangunan di Indonesia, kebutuhan akan ahli teknik juga cukup tinggi.

Oleh karena itu, jenis pekerjaan di bidang ini juga dikenal bergaji tinggi. Bahkan, seorang ahli konstruksi dengan pengalaman di bawah 5 tahun bisa berkisar mulai dari 7-15 belas juta rupiah.

Untuk ukuran fresh graduate, penawaran gaji tersebut merupakan salah satu yang tertinggi. Bahkan, seorang manajer konstruksi berpengalaman bisa memperoleh hingga ratusan juta rupiah per proyek.

3. Ahli Pertambangan dan Perminyakan

Profesi dengan gaji tertinggi selanjutnya adalah dari sektor pertambangan serta perminyakan. Prospek karirnya juga menjanjikan, sehingga banyak menjadi incaran para pencari kerja di jurusan teknik.

Untuk fresh graduate, bayarannya berkisar antara Rp8 juta hingga belasan juta rupiah. Contohnya seperti PT. Pertamina yang menawarkan rata-rata gaji sekitar Rp8-15 juta per bulan untuk lulusan baru.

Untuk level menengah hingga senior, gajinya bisa mencapai hingga puluhan juta. Bahkan, ada pula pekerja level senior dengan gaji berkisar dari Rp70 juta hingga Rp100 juta per bulan.

4. Dokter Spesialis

Dibanding dokter umum, seorang dokter spesialis memang dikenal memperoleh bayaran dengan besaran lebih tinggi. Rata-rata gajinya adalah sekitar Rp10 juta (rumah sakit pemerintah) hingga Rp50 juta (rumah sakit swasta).

Meski bergaji tinggi, studi ilmu kedokteran termasuk sulit untuk ditempuh dan tingkat persaingannya sangat ketat. Oleh karena itu, proses menjadi seorang dokter spesialis cukup panjang dan memiliki tanggung jawab besar.

5. Ahli Bidang Hukum

Sebagaimana bidang teknik, bidang hukum memiliki banyak profesi dengan gaji tertinggi. Tidak hanya pengacara saja, namun juga profesi lain seperti penasihat hukum bisnis bagi perusahaan.

Seorang pengacara bisa memperoleh penghasilan mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah. Namun, hal ini tergantung pada reputasi pengacara tersebut serta jenis kasus yang ditangani.

Profesi lain dengan bayaran lebih tinggi adalah Head of Legal untuk perusahaan. Sebagai penasihat hukum bisnis, seorang Head of Legal bisa memperoleh gaji sebesar Rp51-91 juta per bulannya.

6. Staf Perbankan

Profesi dengan gaji tertinggi berikutnya yaitu staf pada sektor perbankan atau keuangan. Menariknya, sektor ini tidak hanya menerima pekerja dari latar pendidikan keuangan saja, namun jurusan lain juga memiliki peluang.

Baca juga: Tips Diterima Kerja di Perusahaan Besar

Untuk gaji awalnya memang rata-rata berkisar di angka Rp5 juta, namun posisi yang lebih tinggi bisa memperoleh bayaran lebih. Contohnya seperti pengontrol keuangan (Rp100 jutaan) atau direktur keuangan (Rp120-250 jutaan).

7. Pilot

Profesi dengan risiko atau tanggung jawab besar umumnya memiliki bayaran besar pula, salah satunya yaitu pilot. Seorang pilot komersial bisa digaji hingga Rp20-50 juta untuk satu kali penerbangan.

Meski gajinya tinggi, namun biaya untuk menempuh sekolah penerbangan juga terbilang sama tingginya. Selain itu, seleksi masuk sekolah penerbangan juga sangat ketat, dengan risiko tinggi mengangkut ratusan nyawa per harinya.

8. Ahli Pemasaran

Ahli pemasaran juga dikenal sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi, khususnya pekerjaan di bidang digital marketing. Di era digital seperti sekarang, profesi ini memang marak dicari oleh banyak perusahaan.

Posisi seorang digital marketer bertanggung jawab terhadap proses maupun strategi untuk memasarkan bisnis perusahaan secara digital. Mulai dari pengelolaan SEO website, merancang konten media sosial, hingga membuat iklan.

Seorang ahli pemasaran bisa memperoleh bayaran antara Rp8-100 juta tergantung posisi dan skala perusahaan tempat bekerja. Bahkan, posisi direktur pemasaran bisa memperoleh gaji sebesar Rp120-130 juta per bulan.

9. Ahli Data Science

Sesuai namanya, seorang data scientist bertugas untuk mengolah atau menganalisis data perusahaan. Meskipun termasuk bidang baru, namun data scientis merupakan salah satu profesi dengan gaji tertinggi yang banyak dicari perusahaan.

Terdapat beberapa jenis profesi berbeda di bidang data science. Mulai dari data scientist, data analyst, data engineers, data architects, hingga business intelligence specialist yang masing-masing memiliki tanggung jawab serta peran tertentu.

Seorang ahli data science profesional bisa memperoleh sekitar Rp10-30 juta tergantung posisinya. Bahkan, jabatan vice president of data science bisa mendapatkan gaji lebih tinggi, yaitu hingga Rp150 juta per bulan.

10. IT-Specialist

Selain data science, bidang lainnya yang semakin naik daun adalah pekerjaan di bidang IT (teknologi informasi). Dengan semakin berkembangnya era digital seperti sekarang, seorang IT-specialist menjadi profesi yang banyak dicari.

Lihat info: Lowongan Kerja BUMN

Menariknya, beberapa pekerjaan di bidang IT ada yang bisa dibayar berdasarkan hitungan proyek, sehingga tidak tergantung pada gaji bulanan. Bahkan, profesi ini bisa digaji Rp20-80 juta tergantung spesialisasi atau perusahaannya.

Setiap bidang memiliki jenjang karirnya masing-masing, dan tentu gajinya bisa berbeda tergantung skill serta perusahaan tempat bekerja. 10 profesi dengan gaji tertinggi tersebut bisa menjadi referensi untuk kamu melamar kerja.

Sumber foto/gambar thumbnail artikel dengan judul "10 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2023" di ambil dari situs www.freepik.com